Minggu, 26 Februari 2012

AGAMA PAGANISME


PAGANISME memuja kekuatan-kekuatan alam dan supranatural menjadi Tuhan, dimana Tuhan tersebut berwujud manusia yang juga diimplementasikan dalam media patung dan gambar. KRISTEN memuja Yesus sebagai Tuhan dan juga diimplementasikan dalam media salib dan gambar. ISLAM mengharamkan pemujaan kepada selain Allah.

PAGANISME memuja pada lebih dari 1 Tuhan antara lain dengan komposisi sebagai berikut :

a. Tuhan Bapak, Tuhan Anak

b. Tuhan Bapak, Tuhan Ibu, Tuhan Anak

c. Tuhan yang terdiri dari berbagai kekuatan Roh-Roh(Spirit)

d. Tuhan Kepala dan Tuhan Anggota

e. Percampuran dari point-point diatas.



Seringkali kita menemukan posting yg mengutip berbagai legenda, dongeng dan kepercayaan arab atau bangsa lain yg memeluk Islam dan mengatakannya sebagai ajaran Islam. Entah disengaja atau tidak, kekeliruan ini kemudian digunakan sebagai dasar bagi kaum Kristen untuk menyatakan bahwa bahwa Islam adalah agama penyembah berhala.

Suatu logika yg benar2 dipaksakan karena muslim hanya mengakui Al Quran sebagai sumber ajarannya yg tak tergoyahkan dan hadist shahih sebagai penjabaran dari ajaran2 tersebut. Sumber2 lain spt hasil pemikiran para ulama hanya diikuti selama tidak bertentangan dgn Al Quran dan Hadist. Sumber2 seperti legenda, dongeng dan kepercayaan malah haram dipergunakan oleh muslim.

Beberapa legenda para dewa tsb begitu miripnya dgn kepercayaan nasrani tentang Yesus sehingga apabila nama2 seperti Osiris, Mithra atau Attis itu diganti dgn nama Yesus maka sulitlah kita membedakan mana legenda mana alkitab.

Kemiripan2 tersebut juga begitu nyatanya hingga seorang Martin Luther King pernah berkata: "... Ringkasnya dapat kita katakan bahwa kepercayaan atas kehidupan yang kekal, perantara antara tuhan dan manusia, pelaksanaan sejumlah ritual sakramen, kelahiran kembali orang yang baru masuk agama, dan dalam banyak hal dukungan atas nilai-nilai moral tertentu merupakan hal yang sama antara Mithraisme dan ajaran nasrani. Faktanya, kesamaan ini begitu jelas sehingga banyak orang percaya bahwa agama nasrani sendiri merupakan sebuah aliran kepercayaan rahasia (sebagaimana mithraisme)".

Perkataan itu seakan mengulang kembali kebingungan para pendiri gereja, di antaranya Justin Martyr yang dalam tulisannya berjudul "Dialogue with Trypo" mengatakan bahwa "Kelahiran (Yesus) di kandang kuda adalah prototype dari kelahiran dewa Mithra dalam goa Zoroastrianisme ... Yesus lahir pada saat kelahiran (dewa) matahari di kandang kuda Augea, datang ke dunia sebagai Hercules kedua yg membersihkan dunia yg penuh dosa". Kebingungan juga terlihat dari pembelaan St. Augustine, "Kita menyucikan hari ini (natal) tidak sama dengan para penyembah berhala yg melakukannya karena memperingati kelahiran (dewa) matahari, kita (menyucikannya) untuk memperingati kelahiran Dia yg menciptakan (matahari)".

Fakta yang harus diingat dalam memahami kemiripan tersebut adalah bahwa pada masa berkembangnya ajaran nasrani, di wilayah2 perkembangan tersebut (mesir, yunani, romawi, syiria, dan timur tengah pada umumnya) telah ada agama2 kuno dengan pengikut yang sangat banyak dan dengan ajaran2 yang melekat erat di benak masyarakat, di antaranya: Mithraisme (menyembah Mithra), Ophirisme (menyembah Attis), penyembahan horus-isis-osiris, helenisme, dan sebagainya. Siapapun yang ingin membawa agama baru ke tengah2 mereka dan ingin melakukannya secara mudah, harus bisa menyesuaikan ajaran agama baru tersebut dengan mengakomodir ajaran2 penyembah berhala.

Para penganut nasrani awal yang dipimpin langsung oleh James (saudara tiri Yesus) dan Peter (murid langsung Yesus) atau yang sering disebut sebagai kaum Ebbonite menolak untuk menyesuaikan keyakinan mereka dengan ajaran2 para penyembah berhala. Namun hal ini tidak menjadi masalah karena mereka membatasi dakwahnya di kalangan Yahudi yang memang dengan keras menolak ajaran2 para penyembah berhala tersebut. Aliran ini bertahan hingga setelah Konsili Nicea gereja menyatakan mereka sesat dan menghabisi para pengikutnya. (DAN INI SELALU TERJADI SAMPAI SEKARANG...!!!)

Sebuah mitologi yang serupa dengan kehidupan yesus (versi kristen) berdasarkan penelitian para sejarawan sbb :

1. Dianggap Tuhan atau Dewa
-Yesus ---> Tuhan Kristen
-Mithra ---> Dewa Persia Kuno
-Osiris ---> Dewa Mesir Kuno
-Baachus ---> Tuhan Yunani Kuno

2. Tanggal Kelahiran
-Yesus ---> Tanggal 25 Desember
-Mithra ---> Tanggal 25 Desember
-Osiris ---> Tanggal 25 Desember
-Baachus ---> Tanggal 25 Desember

3. Pengharapan orang
-Yesus ---> Mesias yg ditunggu
-Mithra ---> Perantara yg ditunggu
-Osiris ---> Pembebas yg ditunggu
-Baachus ---> Pembebas yg ditunggu

4. Lahir dari Ibu Perawan
-Yesus ---> Seorang perawan Maria
-Mithra ---> Seorang perawan Aishev
-Osiris ---> Seorang perawan Naeith
-Baachus ---> Seorang perawan Demeter

5. Kematian
-Yesus ---> Mati Disalib
-Mithra ---> Mati Dibunuh
-Osiris ---> Mati Dibunuh
-Baachus ---> Mati Dibunuh

6. Tujuan Kematian
-Yesus -> Menebus dosa manusia
-Mithra -> Menebus dosa manusia
-Osiris -> Menebus dosa manusia
-Baachus -> Menebus dosa manusia

7. Kebangkitan
-Yesus -> 3 hari dr penyaliban
-Mithra -> 3 hari dr pembunuhan
-Osiris -> 2 hari 3 malam dari pembunuhan
-Baachus -> 3 hari dari pembunuhan

8. Triteisme
-Yesus -> Oknum dr Trinitas (Anak,Bapa,Roh Kudus)
-Mithra -> Oknum dr Tridewa (Mitra,Ahirman,Ohrzmad)
-Osiris -> Oknum dr Tridewa (Osiris,Isis,Horus)
-Baachus -> Oknum dr Tridewa (Baachus,Apolos,Yupiter)

9. Kedatangan kedua kali ke dunia
-Yesus -> Menjelang kiamat
-Mithra -> Menjelang kiamat
-Osiris -> Menjelang kiamat
-Baachus -> Menjelang kiamat



0 komentar:

Posting Komentar

Daftar Artikel

Loading...